Tugas Pengenalan Bahan Garmen dan Tren Produk mengenai Cardigan



A. Pengertian Cardigan   
       Cardigan adalah salah satu jenis pakaian yang cocok digunakan pada saat cuaca dingin. Jenis pakaian ini identik dengan model rajutan dan bahan wol tipis maupun tebal. Cardigan termasuk dalam kategori sweater. Namun berbeda dengan sweater lainnya, cardigan memiliki model yang terbuka di depan. Bagian depan dari pakaian ini bisa terdiri dari kancing atau ritsleting. Cardigan juga merupakan salah satu pakain unisex. Baik pria ataupun wanita dapat menggunakannya.
B. Sejarah Cardigan
      Cardigan diperkenalkan oleh James Thomas Brudenell, Seorang Letnan Jenderal tentara Inggris yang memimpin suatu perang di dataran Eropa pada tahun 1984. Perang tersebut dikenal sebagai “Crimean War”.
http://www.deenepark.com/media/James-5th%20Earl%20of%20Cardigan.JPG






(http://www.deenepark.com/media/James-5th%20Earl%20of%20Cardigan.JPG)
            Konon bentuk model cardigan yang saat ini beredar di pasaran terjadi karena adanya keinginan James Thomas Brudenell untuk menggunakan sweater tanpa harus merusak tatanan rambut. Pada sweater biasa, penggunaannya harus melalui kepala, namun pada cardigan lebih simple. Pakaian tersebut di desain dengan kancing atau ritsleting sehingga memudahkan penggunaan.
Jenis pakaian ini dinamakan cardigan karena pada saat itu James Thomas Brudenell memimpin sebuah brigade yang bernama 7th Eearl Of Cardigan. Brigade tersebut selalu mengenakan sweater itu untuk mengurangi rasa dingin di daerah tersebut. Banyak orang yang menyebut pakaian tersebut dengan Cardigan, karena James dan anak buahnya sering menggunakannya.
C. Perkembangan Cardigan
            Cardigan pada jaman dulu hanya di pakai untuk menghangatkan badan pada saat cuaca dingin,dan biasanya yang memakai cardigan itu oma-oma, orang sakit dan sejak saat itu orang kerap kali men-asosiasikan cardigan dengan orang paruh baya atau yang sedang sakit.Tapi jangan salah, sekarang justru cardigan adalah tren yang paling populer saat ini.
Cardigan Jaman Dulu dan Sekarang

Kenapa Cardigan adalah Tren Saat Ini :

1.    Cardigan sudah berevolusi

            Cardigan jaman sekarang juga sudah berevolusi dari yang dulu. Sekarang cardigan di design lebih slim cut, lebih pas di badan. Namun agar penampilan Anda tidak terlihat seadanya, Anda bisa mencoba cara lain untuk memadupadankannya.

2.    Cardigan mudah untuk dipadupadankan
            Saat Anda kenakan tank top/t-shirt dengan bawahan rok atau pants dan terburu-buru ingin keluar rumah, tambahkan cardigan maka penampilan kamu lebih rapih dan matching karena cardigan mudah untuk dipadupadankan. Cardigan juga bisa dikenakan untuk wanita berhijab, mereka bisa lebih mudah memadupadankan baju terusan atau tank top mereka dengan cardigan untuk membuat tampilan hijab mereka lebih modern.

3.    Cardigan sekarang cocok untuk orang Asia

            Dahulu cardigan dari eropa ukurannya terlalu besar & bahan terlalu tebal untuk dipakai orang asia karena ukuran badan orang eropa tinggi besar sehingga tidak cocok dikenakan oleh orang asia. Sekarang sudah banyak model cardigan yang bisa dipakai orang asia dari ukuran S-XL dengan 1 ukuran karena bahannya stretch dan ketebalan bahan bermacam-macam, sehingga bisa digunakan untuk musim di Indonesia/asia sesuai kebutuhan.

4.    Orang Asia bisa berpenampilan keren seperti dalam Drama Seri Korea dengan cardigan

            Pada dasarnya, Korean Style sama saja dengan style Asia yang lainnya. Lalu apa yang membuat Korean Style lebih banyak digandrungi oleh para remaja? Jawabannya bukan pada pakaian yang mereka gunakan, tetapi lebih ke selera berpakaian mereka.
            Cardigan salah satu fashion yang unik, colorfull, kasual dan inspiratif. Itu tadi adalah beberapa ciri khas dari style berpakaian ala orang Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korean Style. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa Korean Style menjadi salah satu tren baru di masyarakat Indonesia.



Terdapat beberapa model cardigan diantaranya :
1.      Belted Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/belted_mapetitechou.jpg            Pada umumnya cardigans ini cukup panjang, dilengkapi dengan aksesoris ikat pinggang dan membuat Anda terlihat smart dan fashionable. Sayangnya cardigans ini khusus diperuntukkan mereka yang bertubuh kurus, yang memang bertujuan memberikan kesan penuh pada tubuh dengan aksen ikat pinggangnya








2.      Patterned Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/patterned_dramastyle.jpg







     Cardigans berpola, cardigans tipe ini jarang ditemukan karena memang kebanyakan orang suka pada cardigans non-motif. Namun cardigans berpola ini dapat memberikan kesan ceria pada baju Anda yang tak bermotif. Sekaligus, cardigans ini memberikan kesan lebih gemuk dan padat pada pemakainya.


3.      Open Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/open_womansday.jpg






            Open Cardigans jarang memiliki kancing dan pada umumnya cukup panjang. Layer sempurna yang disematkan pada bagian di mana seharusnya ada kancing memberikan kesan casual dan sederhana. Cocok untuk Anda gunakan saat bertemu klien di luar kantor. Atau pada acara yang tak terlalu resmi.
4.      http://www.kapanlagi.com/p/shwlcollared_omiru.jpgShawl-Collared Cardigans







            Kerah yang menggantung pada cardigans ini merupakan alih-alih dari syal penghangat tubuh. Tak semua cardigans memiliki kerah seperti ini, karena memang pada umumnya cardigans tak memiliki kerah. Jika Anda merasa sangat kedinginan dan ingin tetap tampil fashionable, Shawl-Collared Cardigansini bisa jadi pilihan pertama untuk menghangatkan tubuh Anda.

5.    Tunic Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/tunic_polyvore.jpg






            Ingin tampil oldies di balik cuaca dingin? Anda masih bisa lho. Cardigans unik ini akan memberikan kesan oldies pada diri Anda. Pas dipadukan dengan jeans dan t-shirt atau tank top yang Anda punya.
6.      http://www.kapanlagi.com/p/wrap_kedailelong.jpg
Wrap Cardigans
         Cardigans tanpa kancing, dengan aksesoris pita yang membuat pengikat alih-alih sebagai kancing atau ikat pinggang. Anda akan kagum dengan kesan kerutan yang ditinggalkannya, membuat Anda tampak seperti master fashion yang siap berlenggok di atas catwalk.
7.      Flyaway Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/flyaway_starstyleinc.jpg
            Bagaikan punya sayap, cardigans cantik dengan sentuhan halus menyelipkan aksesoris selendang pada bagian kerah, melambai sampai bagian bawah cardigans dan menyatu tak terpisahkan.
8.      Zipped Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/ziiped_divasblog.jpg
            Cardigans yang satu ini memang lebih mirip jaket ketimbang sebuah cardigans. Aksesoris resleting yang terpasang rapi menggantikan kancing yang akan membalut sempurna tubuh Anda mulai dari leher bagian atas sampai pinggang Anda. Dijamin, Anda akan merasakan kehangatan yang sempurna.
9.      Classic Cardigans
http://www.kapanlagi.com/p/classic_shefinds.jpg
            Walaupun klasik, cardigans ini masih menjadi salah satu favorit di antara cardigans yang ada. Desain simplenya sangat pas di tubuh dan sederhana. Pas dipadukan dengan pakaian apa saja.
            Melalui model cardigan yang beragam membuat si pemakai dengan mudah memilih model cardigan sesuai kebutuhan untuk pergi ke acara. Cardigan juga bisa dikenakan untuk usia anak-anak sampai lansia. Nah, ternyata saat ini cardigan bukan hanya untuk orang sakit kan... Yuk, percantik dirimu dengan Cardigan.

Daftar Pustaka


  1. https://caramenjalankanbisnissukses.wordpress.com/2014/12/18/sejarah-singkat-menarik-cardigan/ Diakses pada tanggal 24 Desmber 2014 pukul 21.10
  2. http://www.mysecretcollection.com/blogs/article/13537973-cardigan-bukan-hanya-untuk-orang-sakit-loh Diakses pada tanggal 24 Desmber 2014 pukul 21.25
  3. http://indonesiaindonesia.com/f/77908-12-cardigans-pilihan/ Diakses pada tanggal 24 Desmber 2014 pukul 21.40
  4. http://www.mysecretcollection.com/blogs/article Diakses pada tanggal 24 Desmber 2014 pukul 22.05
  5. http://media.zoya.co.id/tips-busana/cardigan-mana-yang-cocok-untukmu Diakses pada tanggal 24 Desmber 2014 pukul 22.30









1 komentar:

  1. Sukses terus ya kak, boleh dong kak mampir juga ke situs kami fitinline disini Anda bisa belanja bahan kain untuk pembuatan selimut, dengan kualitas baik dan harga yang murah. Regards, fitinline

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.