Laporan Excel
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Praktikum
Praktikum Komputer adalah
kegiatan belajar mengajar
dengan cara tatap muka antara dosen (dapat dibantu asisten) dan
praktikan /mahasiswa, yang menekankan pada aspek psikomotorik (keterampilan),
kognitif (pengetahuan), dan afektif (sikap) dengan menggunakan peralatan
Komputer di laboratorium layanan.
1.2 Tujuan Praktikum
Tujuan
praktikum ini supaya kita mengetahui, MS EXCELyang dipergunakan untuk
membantu pembuatan Tabel. Namun,
adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MSEXCEL, padahal dengan
memanfaatkan fasilitas tersebut dapatmendapatkanbeberapa mafaat dari microsoft excel adalah Memudahkan kita menganalisa data
dalam bentuk tabel dan juga grafik, Ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita
untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif ,Memudahkan menganalisa kesalahan
rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjandengan fasilitas trace error ,Memudahkan kita untuk memilah -
milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter ,Memungkinkan kita untuk mengurutkan
data berdasarkan empat kriteria sekaligus Bahkan lebih.
|
BAB
II
DASAR TEORI
2.1. Pengertian Microsoft Excel
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah
sebuah programaplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan olehMicrosoft
Corporation untuk
sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft
yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer
yang populer digunakan di dalamkomputer mikro hingga
saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling
banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis
Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.
Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System,
dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang
diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013..
2.2 Fungsi dan Kegunaan
Microsoft Excel
Program
Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik)
yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel
adalah sebagai berikut :
·
Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan program
microsoft excel dalam bidang akuntansi adalahmenghitung jumlah rugi/laba suatu
perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung gaji
karyawan, dan sebagainya.
·
Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis digunakan untuk
mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian,
serta berbagai variasinya.
·
Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu
untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan
pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
·
Pembuatan grafik
Excel dapat digunakan untuk membuat
grafik, misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun,
grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke
perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan
sebagainya.
· Operasi Tabel
Dengan
jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah
kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang
membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak
|
Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapatmendapatkanbeberapa mafaat dari microsoft excel adalah Memudahkan kita menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik, Ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif ,Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjandengan fasilitas trace error ,Memudahkan kita untuk memilah - milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter ,Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus Bahkan lebih.
TUGAS PENDAHULUAN
3.1 CARA
MENGHITUNG GAJI SECARA OTOMATIS
Studi kasus kali ini akan
menghitung gaji setiap karyawan pada suatu perusahaan, dari daftar gaji
tersebut akan menghitung jumlah jam kerja masing-masing karyawan dan menghitung
lembur dari masing karyawan serta menentukan besarnya penghasilan yang diterima
baik dari gaji pokok, insentif dan pengurangan atas potongan
IMPLEMENTASI
§
1
Unit komputer atau laptop
§
Aplikasi
microsoft Excel 2007
4.2 Langkah Langkah Membuat Label
Undangan Dengan Microsoft Excel
Sebagai langkah awal anda beri nama pada area cell berikut :
Nama Area Cell
lembur_per_jam I24
upah_per_jam I25
makan_per_hari I26
insentif_mingguan I27
jam_normal I28
pajak I29
Untuk memberikan penamaan pada cell silahkan baca http://latihanexcel.co.cc/2010/04/memberi-nama-pada-cell-area/
1. Pengisian Kolom Jumlah Jam Kerja
Pada cell I8 buat formula berikut :
=SUM(C8:H8)
formula diatas menjumlahkan jam kerja dari kolom hari senin sampai hari sabtu, selanjutnya copy paste pada baris berikutnya
2. Pengisian Kolom Jumlah Jam Lembur
Pada cell J8 buat formula berikut :
=IF(I8>(jam_normal*6);I8-(jam_normal*6);0)
formula diatas melakukan pengecekan dengan fungsi if, jika jumlah jam kerja (I8) lebih dari 48 (jam kerja normal x 6 hari) berarti terdapat lembur untuk mencarinya maka jumlah jam kerja dikurangi hasil perkalian antara jam kerja normal dengan 6 hari kerja, jika jumlah jam kerja lebih kecil dari 48 maka tidak ada lembur atau nol.
Setelah terisi lakukan format cell agar dibelakang angka hasil perhitungan terdapat satuan jam, caranya sebagai berikut :
Klik menu Format –> cell, pilih tab General dan pada bagian Caption pilih custom dan pada bagian tipe ketik ## “jam”, lihat gambar dibawah ini :
3. Pengisian Upah Pokok
Untuk mengisi upah pokok yaitu perkalian antara kolom jumlah jam kerja dengan upah per jam, maka formulanya adalah sebagai berikut :
=I8*upah_per_jam
Untuk menambahkan simbol rupiah di depan angka, klik menu format cell, kemudian pada tab general pilih accounting pada bagian Catgeory, jika tidak ada lambang rupiah lakukan perubahan pada seting regional komputer anda, silahkan baca http://latihanexcel.co.cc/prasyarat/ untuk mengubah regional seting komputer anda.
4. Pengisian Upah Lembur
Untuk mengisi lembur terlebih dahulu mengecek apakah karyawan yang bersangkutan memiliki jam lembur atau tidak ? jika ya lakukan perkalian jumlah jam lembur dengan upah lembur per jam nya jika tidak maka isi dengan nol, dari ketentuan ditersebut maka formulanya adalah :
=IF(J8>0;J8*lembur_per_jam;0)
Unuk menimbulkan lambang rupiah, silahkan lakukan format cell seperti pada langkah ke-2.
5. Pengisian Uang Makan
ketentuan untuk mengisi uang makan adalah uang makan akan dibayar hanya jika karyawan yang bersangkutan hadir atau jam kerja lebih dari nol, jika jam kerja pada hari yang bersangkutan adalah nol artinya tidak hadir berkerja dan tidak memperoleh uang makan harian, untuk itu dalam satu minggu dihitung berapa kali karyawan yang bersangkutan hadir dengan menggunakan fungsi COUNTIF dengan kriteria jam kerja lebih dari nol, maka formulanya adalah :
=(COUNTIF(C8:H8;”>0″)*makan_per_hari)
6. Pengisian Uang Insentif
Uang insentif hanya diberikan kepada karyawan yang tidak pernah absen dalam satu minggu, jika dalam satu minggu (6 hari) full terus bekerja (jam kerja harian tidak nol) maka dia berhak memperoleh uang insentif, untuk itu terlebih dahulu harus dicek dengan menghitung banyaknya hari dengan kriteria jam kerja lebih dari 0 dengan fungsi COUTNIF, maka formulanya:
=IF(COUNTIF(C8:H8;”>0″)=6;insentif_mingguan;0)
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
7. Pengisian Gaji Kotor
Gaji kotor merupakan penjumlahan dari upah pokok, upah lembur, uang makan, dan insentif, maka formulaynya adalah :
=SUM(K8:N8)
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
8. Pengisian Pajak
Pajak ditentukan dengan tarif 10% dari gaji kotor maka formulanya adalah :
=pajak*O8
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
9. Pengisian Gaji Bersih
Gaji kotor diperoleh dari pengurangan antara gaji kotor dengan pajak, maka formulanya
=O8-P8
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
10. Menghilangkan “0 jam” Pada Kolom Jumlah jam Lembur
Pada saat anda mengisi kolom jumlah jam lembur, terdapat karyawan yang memiliki 0 jam, sedangkan pada gambar diatas tidak tampak 0 jam, untuk melakukannya kita akan memberikan CONDITIONAL FORMATING, untuk itu blok kolom jumlah jam lembur, pilih menu Format -> Conditional Formating, maka akan tampak gambar dibawah ini :
pada gambar diatas pada kotak drop down pertama pilih Cell Value Is, kemudian pada drop down kedua pilih less then, dan pada kotak isian ketiga isi dengan angka 1, kemudian klik tombol format maka akan tampak gambar dibawah ini :
Pada gambar diatas klik color pilih wana yang sesuai dengan warna latar belakang kolom Jumlah jam lembur dalam hal ini warna hijau. kemudian klik tombol ok dua kali sampai kedua kotak dialog hilang, dan perhatikan hasilnya nilai 0 jam dihilangkan !
Maksud langkah-langkah diatas adalah jika nilai kolom jumlah jam lembur kurang dari 1 maka isi cell nya diberi warna yang sama dengan warna latar belakang cell, sehingga seolah-olah nilai 0 jam hilang.
11. Menghilangkan “Rp 0” Pada Kolom Upah Lembur
Untuk menghilangkan Rp 0 pada kolom upah lembur, blok kolom upah lembur dan lakukan conditional formating seperti pada langkah 10.
12. Mengisi Baris Total, Rata-rata, Terbesar dan Terkecil.
Untuk mengisi baris total, rata rata, terkecil dan terbesar gunakan fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX.
Sebagai langkah awal anda beri nama pada area cell berikut :
Nama Area Cell
lembur_per_jam I24
upah_per_jam I25
makan_per_hari I26
insentif_mingguan I27
jam_normal I28
pajak I29
Untuk memberikan penamaan pada cell silahkan baca http://latihanexcel.co.cc/2010/04/memberi-nama-pada-cell-area/
1. Pengisian Kolom Jumlah Jam Kerja
Pada cell I8 buat formula berikut :
=SUM(C8:H8)
formula diatas menjumlahkan jam kerja dari kolom hari senin sampai hari sabtu, selanjutnya copy paste pada baris berikutnya
2. Pengisian Kolom Jumlah Jam Lembur
Pada cell J8 buat formula berikut :
=IF(I8>(jam_normal*6);I8-(jam_normal*6);0)
formula diatas melakukan pengecekan dengan fungsi if, jika jumlah jam kerja (I8) lebih dari 48 (jam kerja normal x 6 hari) berarti terdapat lembur untuk mencarinya maka jumlah jam kerja dikurangi hasil perkalian antara jam kerja normal dengan 6 hari kerja, jika jumlah jam kerja lebih kecil dari 48 maka tidak ada lembur atau nol.
Setelah terisi lakukan format cell agar dibelakang angka hasil perhitungan terdapat satuan jam, caranya sebagai berikut :
Klik menu Format –> cell, pilih tab General dan pada bagian Caption pilih custom dan pada bagian tipe ketik ## “jam”, lihat gambar dibawah ini :
3. Pengisian Upah Pokok
Untuk mengisi upah pokok yaitu perkalian antara kolom jumlah jam kerja dengan upah per jam, maka formulanya adalah sebagai berikut :
=I8*upah_per_jam
Untuk menambahkan simbol rupiah di depan angka, klik menu format cell, kemudian pada tab general pilih accounting pada bagian Catgeory, jika tidak ada lambang rupiah lakukan perubahan pada seting regional komputer anda, silahkan baca http://latihanexcel.co.cc/prasyarat/ untuk mengubah regional seting komputer anda.
4. Pengisian Upah Lembur
Untuk mengisi lembur terlebih dahulu mengecek apakah karyawan yang bersangkutan memiliki jam lembur atau tidak ? jika ya lakukan perkalian jumlah jam lembur dengan upah lembur per jam nya jika tidak maka isi dengan nol, dari ketentuan ditersebut maka formulanya adalah :
=IF(J8>0;J8*lembur_per_jam;0)
Unuk menimbulkan lambang rupiah, silahkan lakukan format cell seperti pada langkah ke-2.
5. Pengisian Uang Makan
ketentuan untuk mengisi uang makan adalah uang makan akan dibayar hanya jika karyawan yang bersangkutan hadir atau jam kerja lebih dari nol, jika jam kerja pada hari yang bersangkutan adalah nol artinya tidak hadir berkerja dan tidak memperoleh uang makan harian, untuk itu dalam satu minggu dihitung berapa kali karyawan yang bersangkutan hadir dengan menggunakan fungsi COUNTIF dengan kriteria jam kerja lebih dari nol, maka formulanya adalah :
=(COUNTIF(C8:H8;”>0″)*makan_per_hari)
6. Pengisian Uang Insentif
Uang insentif hanya diberikan kepada karyawan yang tidak pernah absen dalam satu minggu, jika dalam satu minggu (6 hari) full terus bekerja (jam kerja harian tidak nol) maka dia berhak memperoleh uang insentif, untuk itu terlebih dahulu harus dicek dengan menghitung banyaknya hari dengan kriteria jam kerja lebih dari 0 dengan fungsi COUTNIF, maka formulanya:
=IF(COUNTIF(C8:H8;”>0″)=6;insentif_mingguan;0)
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
7. Pengisian Gaji Kotor
Gaji kotor merupakan penjumlahan dari upah pokok, upah lembur, uang makan, dan insentif, maka formulaynya adalah :
=SUM(K8:N8)
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
8. Pengisian Pajak
Pajak ditentukan dengan tarif 10% dari gaji kotor maka formulanya adalah :
=pajak*O8
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
9. Pengisian Gaji Bersih
Gaji kotor diperoleh dari pengurangan antara gaji kotor dengan pajak, maka formulanya
=O8-P8
Untuk menampilkan format rupiah caranya seperti pada langkah ke-2.
10. Menghilangkan “0 jam” Pada Kolom Jumlah jam Lembur
Pada saat anda mengisi kolom jumlah jam lembur, terdapat karyawan yang memiliki 0 jam, sedangkan pada gambar diatas tidak tampak 0 jam, untuk melakukannya kita akan memberikan CONDITIONAL FORMATING, untuk itu blok kolom jumlah jam lembur, pilih menu Format -> Conditional Formating, maka akan tampak gambar dibawah ini :
pada gambar diatas pada kotak drop down pertama pilih Cell Value Is, kemudian pada drop down kedua pilih less then, dan pada kotak isian ketiga isi dengan angka 1, kemudian klik tombol format maka akan tampak gambar dibawah ini :
Pada gambar diatas klik color pilih wana yang sesuai dengan warna latar belakang kolom Jumlah jam lembur dalam hal ini warna hijau. kemudian klik tombol ok dua kali sampai kedua kotak dialog hilang, dan perhatikan hasilnya nilai 0 jam dihilangkan !
Maksud langkah-langkah diatas adalah jika nilai kolom jumlah jam lembur kurang dari 1 maka isi cell nya diberi warna yang sama dengan warna latar belakang cell, sehingga seolah-olah nilai 0 jam hilang.
11. Menghilangkan “Rp 0” Pada Kolom Upah Lembur
Untuk menghilangkan Rp 0 pada kolom upah lembur, blok kolom upah lembur dan lakukan conditional formating seperti pada langkah 10.
12. Mengisi Baris Total, Rata-rata, Terbesar dan Terkecil.
Untuk mengisi baris total, rata rata, terkecil dan terbesar gunakan fungsi SUM, AVERAGE, MIN dan MAX.
BAB V
PENUTUP
5.1
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian di dapat kesimpulan bahwa m engisigajisecaraotomatisdapat menggunakan komputer hanya
menggunakan microsoft Excel.
5.2 Saran
Sebaiknya
setiap individu di dunia senantiasa berpikir kritis untuk dapat memaksimalkan
fungsi fungsi yang terdapat dalam microsoft Excel
DAFTAR PUSTAKA
·
http://zhzkiey.Excelpress.com/2009/02/07/pengertian-microsoft-excel/Diakses pada tanggal 13 April 2014 pukul 19.30 WIB
·
http://zhzkiey.Excelpress.com/2009/02/07/pengertian-microsoft-excel/Diakses pada tanggal 13 April 2014 pukul 20.25 WIB
·
http://arinmeimei.Excelpress.com/2013/05/11/5-kegunaan-microsoft-excel/Diakses pada tanggal 13 Apeil 2014 pukul 2030 WIB
·
http://mukakmukusam.blogspot.com/2013/02/manfaat-dari-microsoft-excel.htmlDiakses pada tanggal 13 April2014 pukul 20.48 WIB
|
Tidak ada komentar: